Home Asia Pacific Info

Foto Operasi Militer di Distrik Gome Papua Menyebar, Polri Pastikan Itu Hoax

0

 

Kelompok ekstrimis tak akan pernah puas dengan kondisi kondusif yang kini sudah terjadi Papua. Mereka terus memperpanas isu untuk menghadirkan ketegangan baru. 

Baru-baru ini beredar sejumlah foto pembakaran dan evakuasi warga dengan menggunakan tandu yang diduga akibat ulah operasi militer di Distrik Gome. Sejumlah 25 foto diunggah oleh akun Facebook dengan nama Aperisxy Kiwak.

Sejauh ini, publikasi tersebut sudah mendapatkan total 1.323 interaksi, yang terdiri dari 246 likes, 138 komentar, dan dibagikan oleh 939 orang.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo menyatakan foto-foto yang disebar tersebut adalah hoax. Dedi meminta masyarakat untuk jangan mudah percaya dengan kabar yang belum tentu kebenarannya. 

Dedi menyebut foto warga yang ditandu dalam posting-an itu merupakan kegiatan pengobatan massal di wilayah Papua. Sedangkan pembakaran dalam posting-an itu merupakan aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Dalam kurun waktu satu hari, kelompok ekstrimis terus berupaya menciptakan banyak kabar hoaks dan tindakan yang membuat tidak nyaman masyarakat Papua agar mereka kembali terpecah belah. Mereka tidak nyaman jika melihat Papua kondusif. Tetap waspada dengan penyebaran berita hoax. 

 

Referensi:

https://news.detik.com/berita/d-4698965/beredar-foto-operasi-militer-di-puncak-papua-polisi-itu-hoax